Rabu, 18 Januari 2017

Manfaat Sosial Media Facebook


Jaman sekarang adalah jaman digital dimana banyak alat dan layanan yang berbasis teknologi. Sosial media salah satunya. 

Diantara beraneka ragam sosial media mungkin yang paling famliar adalah Facebook. Saya yakin anda semua yang sedang membaca artikel saya sudah punya akun FB.
Facebook dengan tampilan khas warna biru tua sudah menjadi hal yang umum untuk diakses oleh orang. Saya sendiri terkadang mengakses FB hingga berjam jam. Bahkan anak anak yang masih SD pun sekarang juga banyak yang memiliki akun FB.

Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari sosial media Facebook. Sesuai pengalaman pribadi saya sendiri. Diantaranya adalah :

1. Facebook sebagai sosial media yang cocok untuk orang yang baru mengenal internet.

Saat saya pertama kali menjelajahi dunia internet, sosial media Facebook adalah hal pertama yang saya kenal. Facebook seolah olah yang mengajarkan saya untuk mengenali dunia internet. Dengan layanan Facebook yang banyak seperti game, mencari teman, upload foto, menulis status, dan lain lain. Hal inilah yang membuat betah duduk di depan monitor PC.

2. Facebook sebagai sarana jual beli

Banyak sekali orang yang memanfaatkan akun Facebook untuk sarana jual beli. Biasanya yang dijual adalah barang bekas namun masih bagus untuk digunakan. Seperti HP Android, laptop, sepeda motor, dan lain lain. Saya sendiri juga pernah melakukan tawar menawar harga di grup jual beli.


3. Facebook sebagai sarana saling tukar pikiran melalui grup

Dengan layanan Facebook untuk membuat grup, banyak orang yang membentuk komunitas sesuai minatnya masing masing. Misalkan seperti grup "PHP Indonesia" adalah grup untuk saling tukar pikiran mengenai pemrograman PHP.

4. Facebook sebagai sarana hiburan seperti game.

Banyak game game online yang seru di Facebook yang bisa kita manfaatkan untuk menghibur diri. Berbagai genre game seperti strategi, arcade, adventure juga tersedia di Facebook.

5. Facebook sebagai ajang pencarian teman atau kenalan baru

Dengan memiliki akun Facebook tentu akan sepi kalau tidak memiliki teman. Untuk mencari teman pada Facebook sangatlah mudah. Cukup klik tombol tambahkan teman pada akun orang lain yang ingin dijadikan teman. Tunggulah hingga orang tersebut menerima pertemanan kita.

6. Facebook sebagai sarana pencarian informasi orang lain

Misalkan kita ingin mengetahui info data diri atau kepribadian pada teman kita, ketikkan nama teman pada kolom pencarian. Kita bisa melihat keterangan pribadi, koleksi foto, dan kesukaan dari teman kita. 

7. Facebook sebagai sarana untuk memasang iklan

Pada layanan beriklan di Facebook, kita bisa berbisnis untuk menarik lebih banyak konsumen. Banyak kisah sukses yang memanfaatkan layanan ini seperti "The Peach Truck". Jika anda memiliki produk untuk dipasarkan secara luas, layanan ini cocok untuk anda.

Sumber artikel :

  • Pengalaman pribadi

1 komentar:

  1. thnks artikel nya gan , jadi tau manfaat facebook sekarang

    BalasHapus